Minggu, 19 Januari 2014

Cara mencegah dan mengobati kolesterol jahat dalam tubuh secara alami

Paling Sering Menemukan Gejala Awal Dari Pasien Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi sering disebut sebagai "silent killer" karena sering tanpa gejala, tapi fatal. Namun, dalam beberapa kasus, kolesterol tinggi bisa juga menunjukkan gejala pada tubuh. Seseorang dikatakan memiliki kadar kolesterol normal jika ukurannya 160-200 mg adalah, sedangkan kondisi berbahaya yang masuk jika sudah di atas 240 mg.
Berikut adalah beberapa yang paling sering ditemukan gejala pasien kolesterol tinggi , antara lain:
1. Berat di leher dengan nyeri bahu
Kebanyakan orang merasa sulit di kepala dan kekakuan sebagai gejala awal. Gejala ini timbul sebagai akibat dari kekurangan oksigen. Yang sering biasanya berat di kepala tapi rasa sakit tidak tajam, hanya lebih berat.

2. Pulas tidurnya
Terutama ketika kadarnya sudah tinggi, sehingga trigliserida yang normal di bawah 200 mg atau 150 mg, ada yang sampai 600 atau 700 mg biasanya mengantuk bagasi. Hal ini biasanya terjadi karena kurangnya oksigen ke otak yang disebabkan oleh pembuluh darah yang menyempit akibat timbunan lemak yang disebabkan oleh kolesterol.
3. Kesemutan
Kadang-kadang kesemutan juga bisa karena darah yang agak tebal. Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan darah menjadi kental sehingga aliran oksigen menjadi berkurang.
4. Timbunan lemak pada kelopak mata
Secara klinis ada beberapa hal yang dapat digunakan sebagai petunjuk awal seseorang memiliki kolesterol tinggi, yaitu adanya timbunan lemak di kelopak mata atas. Deposito tersebut biasanya mengandung kadar trigliserida yang tinggi (molekul asam lemak) yang tinggi. Tapi ini hanya terjadi di sebagian kecil dari itu
5. Mudah lelah
Ketika bentuk plak di dinding arteri, bisa menyebabkan kondisi seperti atherosclerosis, penyakit jantung koroner dan penyakit mikrovaskuler koroner atau penyakit mikrovaskuler koroner (CMD). Kondisi seperti inilah yang menyebabkan tubuh merasa lelah mudah.
6. Sering sakit kepala
Hal ini karena kolesterol tinggi dalam darah memicu akumulasi plak di arteri yang menyebabkan aterosklerosis. Kondisi ini akan membuat arteri sempit dan membuat aliran darah ke kepala dan otak berkurang, sehingga menyebabkan rasa sakit di kepala.
7. Kaki bengkak
Kaki adalah organ yang paling jauh dari hati. Ketika pembuluh darah menyempit dan asupan oksigen berkurang, maka tentu saja darah setidaknya kaki. Hal ini akhirnya menyebabkan kaki terlihat bengkak. Kondisi ini serupa dengan yang ketika Anda duduk terlalu lama perjalanan, terutama di kelas ekonomi.

Bagi kebanyakan orang, tingkat LDL yang dianjurkan tidak melebihi 100 mg / dl. Kadar LDL yang tinggi merupakan faktor risiko untuk penyakit berbahaya seperti stroke yang dan penyakit jantung , dua penyebab utama kematian. Bila kolesterol Anda tinggi, dokter mungkin meresepkan obat penurun kolesterol (statin dan sejenisnya).
Obat penurun kolesterol seperti itu meskipun diperlukan dalam jangka pendek, tetapi tidak harus menjadi pilihan utama Anda dalam jangka panjang. Kolesterol tingkat umumnya dapat dikelola secara alami dengan perubahan gaya hidup menjadi lebih baik.
Berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh :

 

Cara Untuk Mengurangi Tingkat Kolesterol jahat Dalam Tubuh

1. Hindari makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi
Lemak jenuh. Lemak jenuh ditemukan dalam daging hewan. Batasi atau berhenti makan daging. Jika Anda makan daging sapi atau daging kambing, hindari potongan lemak. Ketika makan ayam, menghilangkan kulit dan lemak.
2. Memperluas makanan penurun kolesterol
Tidak semua minyak bersama-sama. Jika minyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans meningkatkan kolesterol jahat, minyak lain seperti minyak zaitun, minyak kelapa murni dan minyak ikan dapat menurunkan itu. Makanan lain seperti teh hijau, alpukat, delima, dll juga dapat memiliki efek yang sama. Ekstrak bawang putih adalah suplemen yang populer yang telah banyak diteliti sebagai penurun kolesterol. Selain makan bawang putih sebagai bagian dari diet Anda, Anda dapat mengambil suplemen bawang putih untuk mempercepat pengurangan kolesterol. Superfood sebagai klorela, spirulina, rumput laut, juga dapat membantu.
3. Latihan olahraga
Latihan untuk manfaat kesehatan tidak diragukan lagi, tetapi hanya sedikit orang menggunakannya sebagai strategi untuk menurunkan kolesterol. Bahkan, efeknya jauh lebih kuat daripada obat resep. Latihan fisik selama 30 menit sehari telah terbukti menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Dengan melakukan latihan fisik secara teratur minimal 5 jam per minggu, Anda secara dramatis dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.
4. Berhenti merokok
Merokok merusak pembuluh darah, memberikan kontribusi untuk pengerasan arteri dan merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung, stroke dan penyakit degeneratif lainnya.
5. Mengendalikan stres
Stres dalam jumlah tertentu adalah sehat. Bila berlebihan dan terus menerus maka dampaknya buruk bagi kesehatan, termasuk peningkatan produksi kolesterol jahat. Luangkan waktu untuk bersantai, melepaskan beban, dan bersenang-senang untuk menjaga tingkat stres Anda di bawah kontrol.

Aterosklerosis adalah kondisi pengumpulan lemak (lipid) di sepanjang dinding arteri. Lemak ini kemudian mengental, mengeras (membentuk endapan kalsium), dan akhirnya mempersempit saluran arteri, sehingga mengurangi pasokan oksigen dan darah ke organ-organ tubuh. Timbunan lemak yang mengeras di dinding arteri ini disebut plak.
Ketika plak sepenuhnya menutupi arteri, jaringan yang disuplai oleh arteri yang akan mati. Jika arteri jantung (arteri koroner) diblokir, Anda akan memiliki serangan jantung, gagal jantung kongestif, atau irama jantung yang abnormal. Bila arteri otak (arteri serebral) yang tersumbat, Anda akan terkena stroke, baik stroke ringan atau stroke berat.
Komplikasi aterosklerosis terjadi ketika pecah plak dan bermigrasi melalui arteri ke bagian lain. Plak yang beredar disebut emboli atau embolus, yang terdiri tidak hanya lemak tapi juga sel-sel mati, gumpalan darah adalah jaringan compang-camping dan berserat. Emboli dapat menyebabkan kerusakan karena menghalangi aliran darah di tempat tujuan, sehingga kekurangan jaringan oksigen dan mati.




Penyebab Dan Gejala Dari Aterosklerosis



• Penyebab aterosklerosis
Aterosklerosis terutama berkaitan dengan diet mengandung terlalu banyak kolesterol, itu semakin umum di masyarakat saat ini. Kolesterol adalah jenis lemak yang penting bagi tubuh kita. Sebagian besar kolesterol diproduksi oleh tubuh (terutama di hati), sementara yang lain berasal dari diet Anda.
• Gejala aterosklerosis
Atherosclerosis dapat mulai mengembangkan sangat awal, ketika Anda masih muda, tapi hampir selalu tanpa gejala. Muncul ketika penyakit seperti angina atau stroke biasanya sudah pada stadium lanjut.
• Pencegahan aterosklerosis
1. Menjaga diet seimbang, mengurangi lemak jenuh hewani, makanan yang digoreng, makanan cepat saji dan makanan olahan yang mengandung lemak trans.
2. Mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan kolesterol.
3. Rajin berolahraga. Latihan fisik meningkatkan sirkulasi dan baik untuk paru-paru, jantung, dan otot.
4. Mengelola stres. Stres gaya hidup tinggi meningkatkan tekanan darah dan merangsang jantung dan pembuluh darah.
5. Berhenti merokok.
6. Menjaga tekanan darah, gula darah dan berat badan Anda pada tingkat normal.

Tips Sederhana Untuk Menurunkan Kolesterol


Ketika tinggi kolesterol tingkat, yang berarti Anda harus lebih berhati-hati, karena jika kolesterol tinggi dalam darah dapat menyebabkan banyak penyakit yang akan mengintai Anda. Banyak cara untuk menurunkan kadar kolesterol darah . Jika Anda memiliki masalah dengan kolesterol, Anda harus mencoba beberapa tips ini.
Tips sederhana untuk menurunkan kolesterol :
• Menjaga control makan
Makan dalam porsi besar dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan kolesterol tinggi. Sebuah cara sederhana untuk mengurangi porsi makan dengan tangan sebagai alat ukur. Makan satu porsi daging atau ikan seukuran telapak tangan Anda. Makan porsi tinju buah segar. Makan satu porsi sayuran yang dimasak dan tangan Tangkupan beras berukuran (pertemuan).
• Makanan sehat untuk jantung
Konsumsi buah-buahan sebanyak 5-9 porsi sehari, akan mengurangi LDL dan manfaat antioksidan. Makan lebih banyak buah dan sayuran, makanan berlemak dieliminasi secara otomatis dengan sendirinya. Konsumsi makanan sehat juga terbukti menurunkan tekanan darah dan menjaga berat badan.
• Seafood
Demi kesehatan jantung, melihat menu seafood. Konsumsi ikan setidaknya dua kali seminggu bermanfaat bagi jangtung. Salmon, tuna, trout dan sarden memiliki tingkat rendah lemak jenuh tapi kaya asam lemak omega-3 dapat menurunkan trigliserida. Konsumsi makanan sumber omega-3 dapat pula menurunkan kolesterol dan memperlambat tumpukan plak di arteri.
• Whole grain breakfast
Serat dan karbohidrat kompleks dari biji-bijian membantu tetap kenyang lebih lama, sehingga tidak terlalu panas saat makan siang. Selain biji-bijian dapat mengurangi LDL. Biji-bijian juga dapat dikonsumsi saat makan siang seperti nasi merah, dan barley.
• Kacang-kacangan untuk kesehatan jantung
Kacang tinggi lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan LDL dan HDL cuti tetap utuh. Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang makan sekitar satu ons (segenggam) kacang per hari memiliki risiko lebih rendah dari penyakit jantung.
• Lemak tak jenuh
Lemak tak jenuh banyak terkandung dalam minyak canola, zaitun dan safflower. Lemak ini dapat membantu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL. Hindari terlalu banyak konsumsi lemak jenuh seperti yang ada di mentega dan minyak kelapa sawit.
• Olahraga
Jadilah aktif secara fisik selama 30 menit, lima hari seminggu (20 menit tiga kali seminggu selama olahraga berat, seperti jogging). Ini dapat membantu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL. Olahraga dapat mengurangi risiko penyumbatan arteri. Ketika Anda berolahraga, tidak dimaksudkan untuk diikuti selama 30 menit.
• Berjalan kaki
Jalan ini sebagai latihan aerobik atau kardiovaskular seperti berjalan, bisa mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung, serta menurunkan berat badan, dan menjaga tulang yang kuat. Mulailah dengan berjalan kaki selama 10 menit dalam 3 tahap.
• Aktivitas Fisik
Anda dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan memasukkan aktivitas fisik ke dalam jadwal Anda. Berkebun, menari, atau mengambil tangga bisa menjadi latihan yang mirip dengan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Selama kegiatan yang serius, akan memompa detak jantung Anda lebih cepat.
• Hindari stres
Stres kronis dapat meningkatkan tekanan darah, meningkatkan risiko aterosklerosis. Penelitian telah menunjukkan bahwa stres dapat meningkatkan kadar kolesterol. Mengurangi tingkat stres Anda dengan latihan relaksasi, meditasi, atau biofeedback mungkin upaya untuk mengurangi risiko peningkatan LDL. Fokus pada pernapasan Anda, ambil napas dalam-menyegarkan. Ini adalah buster stres sederhana yang bisa dilakukan di mana saja.

0 komentar:

Posting Komentar

SPONSOR4

 
Copyright © BUDISUJADMIKO | Design by BUDISUJADMIKO Coach | Powered by Blogger